Minggu, 14 September 2014

Peran dan Fungsi Vitamin Terhadap Kesehatan Kita



Peran dan Fungsi Vitamin Terhadap Kesehatan

Ada bermacam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Agar dapat sehat, kita harus memenuhi kecukupan akan kebutuhan berbagai vitamin. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi demi kesehatan tubuh adalah vitamin K. Apa peran dan fungsi vitamin K dalam tubuh dan bagaimana cara mendapatkannya? Simaklah dalam artikel berikut ini.
Peranan dan Fungsi Vitamin K Serta Sumbernya
Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak. Vitamin ini memiliki sifat yang tahan panas, namun meskipun demikian vitamin K dapat rusak bila terkontaminasi senyawa asam, basa, dan juga sinar matahari. Secara rinci vitamin K dibedakan atas 3 jenis, Vitamin K1, K2, dan K3. Masing-masing jenis vitamin ini memiliki asal yang berbeda-beda.
Vitamin K1 atau disebut dengan phylloquinone merupakan vitamin yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sedangkan vitamin K2 yang disebut dengan menaquinone adalah hasil bakteri yang ditemukan pada organ pencernaan manusia. Kemudian yang ketiga, yaitu vitamin K3 ataumenadione merupakan jenis vitamin buatan yang tujuannya untuk mengatasi masalah pada organ pencernaan berkenaan dengan penyerapan makanan.
Fungsi vitamin K yang terutama adalah dalam proses pembekuan sel darah merah ketika kita mendapat luka, misalnya karena goresan atau terjatuh. Di samping itu, vitamin K juga berfungsi mencegah terjadinya penyakit kanker paru-paru dan kanker hati, memperlancar proses metabolisme pada tubuh, serta menghambat proses pendarahan bila terjadi di bagian hati.
Vitamin K khususnya K1 telah dinyatakan baik dalam mencegah dan juga mengatasi masalah diabetes. Hal ini didasarkan oleh penelitian di Tufts yang mengatakan bahwa vitamin K mampu menurunkan resistensi insulin sehingga membantu mengobati diabetes.
Pemenuhan akan asupan vitamin K ditentukan berdasarkan berat badan seseorang. Dalam tiap kilogram, tubuh membutuhkan vitamin K sejumlah 1 mikrogram. Jadi jika berat badan Anda adalah 60kg, maka Anda harus memenuhi asupan vitamin K sebanyak 60 mikrogram setiap harinya. Ukuran ini adalah standar yang ditentukan untuk kebutuhan gizi. Bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin K tersebut?
Fungsi vitamin K sebenarnya sudah didapatkan secara alamiah melalui tubuh kita sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada organ pencernaan dalam tubuh kita terdapat bakteri yang dapat membentuk vitamin K dan digunakan oleh tubuh serta disimpan pada organ hati.
Sehingga, meskipun tidak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin K, tubuh kita secara otomatis bisa mendapatkannya. Namun, tentu cara ini tidak cukup untuk memenuhi asupan vitamin K secara keseluruhan. Maka dari itu, agar tidak kekurangan vitamin K, kita turut serta memenuhinya melalui bahan makanan.
Asupan vitamin K bisa diperoleh dengan mudah di sekitar kita. Salah satunya adalah melalui sayuran hijau dan berdaun banyak seperti bayam, brokoli, dan selada. Fungsi vitamin K juga didapatkan dari susu sapi, susu kedelai, teh hijau, dan daging sapi.
Vitamin ini berfungsi menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis terutama pada wanita. Namun, vitamin K juga dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan yang mengakibatkan keracunan. Masalah ini disebabkan oleh konsumsi pengganti vitamin K yang larut dalam air.
Keracunan vitamin K ini pada umumnya ditandai dengan gejala penyakit kuning, hemolysis, bahkan menyebabkan kerusakan otak. Jadi, penuhi vitamin K melalui sayuran dan buah segar di sekitar kita. Penuhi kebutuhan vitamin, kesehatan tubuh pun terjamin!
Terkait:
Fungsi dan Kegunaan Vitamin D Bagi TubuhVitamin D merupakan salah satu vitaminyang dapat larut. oleh lemak prohormonVitamin yang juga memiliki sebutan lain yakni kalsiferol ini memiliki. sejumlah manfaat yang tak kalah penting dibanding dengan vitamin-vitamin lainnya Misalnya vitamin.

Fungsi Vitamin E dan Peranannya Bagi Tubuh Selain vitamin A,B,C,D ada pulavitamin E yang. dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat Nama dari vitamin E bukanlah didasarkan atas satuan bahan. kimia secara spesifik melainkan atas campuran yang terdapat di alam sehingga menghasilkanfungsi.

Mengenal Fungsi Vitamin B Dalam Menjaga Kesehatan Vitamin B merupakan salah satuvitamin yang. banyak terkandung di dalam berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari Vitamin ini. penyakit Apa saja manfaat vitamin B yang perlu kita ketahui Jawabannya akan kita ulas dalam.

Kenali Berbagai Fungsi Vitamin C Terhadap Kesehatan
Kenali Berbagai Fungsi Vitamin C Terhadap Kesehatan Di antara berbagai macam vitamin vitamin C. merupakan salah satu yang sangat dikenal Bahkan bagi anak-anak vitamin ini sangat digemari dan. dikenal manfaatnya bagi tubuh Contohnya vitamin ini berguna dalam menangkal berbagai penyakit.



Tidak ada komentar:

selayang pandang alat - alat di kamar bedah

Selayang pandang tentang alat-alat dasar kamar operasi yang sering digunakan oleh teman-teman sejawat apoteker pada saat melakukan operasi ....